To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta
Custom Search

Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta


Taman Sari Jogja atau Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Water Castle adalah salah satu obyek wisata sejarah di Yogyakarta yang sangat terkenal dan sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Bentuk arsitekturnya yang sangat unik membuat situs sejarah yang juga disebut sebagai Istana Air Taman Sari Jogja Yogyakarta ini juga menjadi cagar budaya di Yogyakarta.

Hampir semua turis yang mengunjungi Yogyakarta bisa dipastikan tidak akan ketinggalan juga mengunjungi Taman Sari Jogja Yogyakarta ini. --Taman Sari Yogyakarta


Lokasi Taman Sari Jogja (Taman Sari Yogyakarta)


Taman Sari Jogja Yogyakarta terletak di pusat Kota yogyakarta tepatnya berada di dalam komplek Benteng Keraton Yongyakarta, persis di sebelah barat Keraton Yogyakarta. Dari alun-alun utara Keraton Yogyakarta tempat ini bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki saja. Atau apabila hendak menggunakan alat transportasi umum juga telah tersedia bermacam alat angkutan umum seperti becak, andong, bus kota, dan lain sebagainya. Taman Sari membentang dari barat ke timur, dengan pintu utama dahulunya di sebelah barat.  --Taman Sari Yogyakarta


Apa itu Taman Sari Jogja (Taman Sari Yogyakarta)?


Mungkin ada sebagian dari anda yang belum pernah berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta. Sebagai informasi, Taman Sari Jogja adalah sebuah bangunan yang pada awal dibangunnya pada tahun digunakan sebagai istana berupa taman sebagai tempat rekreasi bagi raja Yogyakarta beserta keluarganya.


Sejarah Singkat Taman Sari Jogja (Taman Sari Yogyakarta)


Taman Sari Jogja dibangun pada masa pemerintaha Sultan Hamengku Buwono I, antara tahun 1758 sampai dengan tahun 1765. Istana Air Taman Sari Yogyakarta dibangun dengan luas keseluruhan sekitar 10 hektar berupa 57 bangunan berupa taman, kamar, kolam pemandian, danau buatan, pulau terapung, tempat ibadah, jembatan gantung, kanal air, dan juga lorong bawah tanah. Taman Sari Jogja diyakini berdiri diatas Pesanggrahan Garjitawati yang konon adalah merupakan istana lama Keraton Yogyakarta. -- Sejarah Tamansari Yogyakarta.


Fungsi Taman Sari Jogja (Taman Sari Yogyakarta)


Gambar Taman Sari Jogja (Taman Sari Yogyakarta)
Gambar Taman Sari Yogyakarta

Pada masa lampau Taman Sari Jogja memiliki fungsi sebagai taman istana atau kebun istana tempat berekreasi raja beserta keluarganya. Namun berdasar beberapa penilitian terungkap bahwa sebenarnya selain berfungsi sebagai taman istana, namun Taman Sari Yogyakarta juga diyakini berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir raja dari musuh.

Hal ini sedikit banyak tampak pada bentuk bangunan yang tertutup rapat dikelilingi oleh tembok benteng yang tinggi. Dan juga tempat ini dahulunya dikelilingi oleh air yang danau buatan. Selain itu pula di sini terdapat beberapa bangunan dan juga lorong-lorong bawah tanah yang berada juga di bawah air. Lorong-lorong bawah tanah ini diyakini digunakan sebagai sarana untuk melarikan diri keluarga kerajaan apabila terdesak oleh serangan musuh.


Bangunan Taman Sari Jogja (Taman Sari Yogyakarta) 


1. Pulo Kenongo


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong Kenongo - Pulo Kenongo
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong / Pulo Kenongo

Pulo kenongo merupakan sebuah pulau buatandi Taman Sari Yogyakarta yang dilengkapi dengan bangunan berupa gedung yang memiliki 2 tingkat yang sering disebut sebagai “Gedung Kenongo”.

Gedung ini memiliki beberapa ruangan, dan dari ruangan yang paling atas kita bisa melihat seluruh wilayah Keraton Yogyakarta. Sehingga bangunan menara di Taman Sari Jogja ini juga bisa berfungsi sebagai menara pengawas. Dan karena dikelilingi oleh danau buatan, maka bangunan ini seakan mengapung di atas air.


2. Pulo Cemethi


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Pulo Cemethi
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Pulo Cemethi

Pulo Cemethi yang juga disebut sebagai “Pulo Panembung” ini berupa bangunan besar dengan dua lantai. Di tempat inilah konon Sultan sering bermeditasi. Pulo Cemethi ini terletak di sebelah selatan Pulo Kenongo, dan untuk mencapainya harus melalui sebuah terowongan bawah tanah.


3. Sumur Gumuling


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Sumur Gumuling
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Sumur Gumuling


Sumur Gumuling terletak tepat di sebelah barat Pulo Kenongo, dan pada jaman dahulu untuk mencapainya hanya bisa melalui sebuah terowongan bawah tanah. Sumur Gumuling ini berfungsi sebagai tempat ibadah Sultan di Taman Sari Jogja.

Bangunan di Taman Sari Yogyakarta ini mempunyai dua lantai berbentuk bundar seperti sumur raksasa, yang dilengkapi dengan ceruk untuk beribadah. Bagian tengah sumur adalah ruangan kosong, dan terdapat 4 buah undak-undakan kecil yang bertemu di tengah. Dan di bagian tengah pertemuan empat undakan itu terdapat sebuah undakan lagi yang menuju ke lantai dua.


4. Gedhong Gapura Hageng


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gapura Hageng
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gapura Hageng

Gedhong Gapura Hageng merupakan pintu gerbang utama Taman Sari Jogja Yogyakarta yang ada di ujung sebelah barat. Ini karena pada awalnya Istana Air Taman Sari ini menghadap ke barat. Walaupun sekarang pengunjung masuk melalui pintu utama di sebelah timur.

Gedhong Gapura Hageng memiliki ruangan dengan dua tingkat, dan dihiasi dengan relief yang menggambarkan angka tahun selesainya pembangunan Taman Sari Yogyakarta yaitu tahun 1765.


5. Gedhong Lopak-lopak

Gedhong Lopak-lopak sekarang sudah tidak ada lagi. Tempat ini dahulunya adalah sebuah bangunan menara tinggi dengan 2 lantainya. Namun saat ini di tempat ini kita hanya bisa menyaksikan 2 buah pot besar dengan reruntuhan pintu gerbang menuju “Umbul Pasiraman” atau “Umbul Binangun”.


6. Umbul Binangun atau Umbul Pasiraman


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Umbul Pasiraman
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Umbul Pasiraman


Umbul Pasiraman adalah sebuah taman pemandian bagi raja beserta keluarganya di komplek Taman Sari Yogyakarta. Umbul Binangun ini cukup besar dengan du buah pintu gerbang di sisi barat dan timur. Umbul Pasiraman terdiri dari 3 buah kolam pemandian yang diberi nama “Umbul Muncar”, “Blumbang Kuras”, dan “Umbul Binangun”.

Ketiga kolam di Taman Sari Yogyakarta ini dihiasi dengan air mancur berbentuk jamur. Di sekeliling kolam terdapat beberapa hiasan berupa pot-pot bunga besar. Umbul Binangun khusus dipakai oleh raja beserta istrinya.

Bagian utara Taman Sari Jogja berdiri sebuah bangunan yang konon digunakan sebagai tempat beristirahat dan tempat untuk berganti pakaian bagi para istri dan anak-anak. Sedangkan bangunan di bagian selatan adalah bangunan yang khusus untuk Raja. Bangunan ini dilengkapi dengan menara 3 lantai yang digunakan raja untuk mengamati para putri maupun selirnya yang sedang berenang di bawah.

Konon Umbul Pasiraman ini adalah kolam pemandian yang khusus hanya digunakan oleh raja dan para wanita yaitu isteri, selir, dan anak-anak perempuan. Dan konon semua wanita yang akan berenang di kolam Taman Sari Yogyakarta diharuskan bertelanjang, oleh sebab itulah maka di tempat ini para lelaki dilarang masuk.


7. Gedhong Sekawan


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong Sekawan
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong Sekawan

Gedhong Sekawan berada di sebelah timur Umbul Pasiraman, berupa sebuah halaman dengan empat buah bangunan yang dahulunya digunakan untuk beristirahat sang raja.


8. Gedhong Gapuro Panggung


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong Gapuro Panggung
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong Gapuro Panggung


Gedhong Gapuro Panggung ini adalah bangunan gapura seperti Gedhong Gapuro Hageng, berada di sebelah timur Gedhong Sekawan. Gedhong Gapuro Panggung ini sekarang digunakan sebagai pintu masuk bagi para wisatawan menuju Taman Sari Yogyakarta.

Bangunan ini berupa gapura dengan dua tingkat yang juga dihiasi dengan relief ular yang menggambarkan tahun saat dibangunnya Taman Sari Jogja yaitu tahun 1758.


9. Gedhong Temanten


Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong Temanten
Taman Sari Jogja | Taman Sari Yogyakarta - Gedhong Temanten

Gedhong Temanten terletak di sebelah timur Gedhong Gapuro Panggang, dan konon berfungsi sebagai tempat penjagaan.


Itulah beberapa bangunan yang ada di Taman Sari Jogja Yogyakarta yang diantaranya masih bertahan sampai dengan saat ini.



Bangunan Yang Sudah Hilang Di Taman Sari Jogja (Taman Sari Yogyakarta)


Sebenarnya masih ada banyak lagi bangunan yang ada di Taman Sari Jogja Yogyakarta ini. Namun kebanyakan sudah hancur dan tidak ada lagi bekasnya. Namun dari beberapa penelitian, terungkap bahwa ada beberapa bangunan lainnya yang sebenarnya ada di kompleks Taman Sari Yogyakarta ini, diantaranya :
  • Kompleks Pasarean Dalem Ledok Sari, yang digunakan sebagai tempat beristirahat raja dan permaisuri. 
  • Kompleks Kolam Garjitawati 
  • Dapur 
  • Gudang 
  • 2 buah kolam bagi pelayan 
  • Taman 
  • Kebun sayuran 
  • Jembatan gantung (masih sedikit tersisa) 
  • Dermaga (masih sedikit tersisa) 
  • Pulau buatan “Pulo Kinupeng” 
  • Gedhong Gading (menara kota) 
  • Kanal besar 
  • Dan masih banyak bangunan lainnya di Taman Sari Jogja atau Taman Sari Yogyakarta ini.

**Wisata Pantai di Jogja

Incoming search terms :

taman sari jogja, keraton yogyakarta, taman sari water castle, taman sari yogyakarta, tempat wisata di jogja, tempat wisata di yogyakarta, wisata jogja, keraton jogja, keraton yogyakarta, taman sari yogyakarta

No comments:

Custom Search